Posted in Books, Movie

The Secret Life of Bees

Kali ini saya mau meresensi buku dan film adaptasinya 😀
secret_bees_movie

The Secret Life of Bees adalah film / buku tentang Lily Owen (diperankan oleh Dakota Fanning), anak piatu yg punya memori mengerikan bahwa dia membunuh ibunya waktu dia 4 taun. Dia tinggal sama ayahnya di perkebunan buah peach, dan ayahnya adalah tipe ayah yang bikin semua orang ngerasa “Amit amit dah punya ayah kayak gitu” Untungnya, ada Rosaleen (diperankan Jennifer Hudson) pengasuhnya Lily yang bisa dianggep pengganti ibunya Lily

Nah, secara Rosaleen itu kulit hitam, dan pada waktu itu – lupa taunnya sayak. Pokoknya jaman baheula lah – rasisme masih merajalela, pas Rosaleen mau mendaftarkan diri sebagai pemilih – waktu itu jaman awal awal banget orang kulit hitam boleh ikut pemilu – dia menghina 3 orang paling rasis di kotanya. Walhasil Rosaleen dipenjara dan dipukulin

Lily yang takut keilangan Rosaleen dan ga mau tinggal berdua sama T.Ray – bokapnya – pun bantuin Rosaleen kabur dan mereka pergi ke Tiburon, kota tempat Deborah, ibunya Lily, dulu tinggal. Harapannya, dia bisa tau apa ibunya bener bener ninggalin dia seperti kata T.Ray, atau T.Ray cuma boong. Di Tiburon, mereka nemu madu berlogo Bunda Maria berkulit hitam, sama kayak gambar yang dipunyain ibunya

Lily sama Rosaleen akhirnya ke tempat pembuat madu itu, dan ketemu keluarga Boatwright. August (diperankan Queen Latifa), May, sama June. Lily ngarang cerita dan August ngizinin dia sama Rosaleen tinggal, bahkan ngasih mereka pekerjaan. Tapi June ga suka sama mereka. Dan selama masa dia tinggal di sana, Lily nemuin banyak hal yang ga dia duga, including love 🙂

Aku nonton filmnya udah lumayan lama, tapi terus kemaren pas menjelajah perpus nemu bukunya. Iseng iseng baca deh. Emang ada beberapa bagian yang beda untuk mendramatisasi – jelas – tapi overall, jalan cerita dan inti pesannya sama 😀

Baik buku maupun filmnya sama sama bagus. Tapi mungkin lebih dong nonton filmnya ya, secara ada soal lebah lebah gitu kan dan lebih mudah dipahami kalo dilihat bukannya dibaca – karena jujur saya sendiri agak ga dong baca bagian bagian soal lebahnya. lebih dong nonton filmnya maklum agak DDR lagian kalo nonton filmnya bisa lebih kerasa atmosfernya men. Bisa kebawa beneran sama ceritanya 😀

Ditambah lagi pesannya tu keren. Orang orang yang direndahkan oleh orang lain, belom tentu adalah orang yang bener bener rendah. kadang, jsutru dari mereka kamu bisa belajar pelajaran2 penting tentang hidup. Dari mereka kamu bisa belajar tentang sifat2 baik. Dan dari mereka kamu bisa belajar untuk menghargai hidup 🙂

Such a nice and sweet story to watch, or read. Recommended 😀

Zach Taylor: Miss August told me about you being here helping out. She didn’t mention anything about you being white.
Lily Owens: Maybe she didn’t notice.

August Boatwright: Some things in life, like the color of a house, don’t really matter. But lifting someone’s heart? Now, that matters.

Antz,

Every little things wants to be loved 🙂


Advertisements

Author:

An emotionally invested enthusiast of pop culture. Apathetic by design. Aesthetically offensive and eloquently candid. A sentimental heathen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s